Terimakasih Telah Berkunjung Ke Blog Orang Jelek

3 Mar 2011

BUCSOPAN

Komposisi
Tiap tablet salut gula mengandung Hyoscine – N – butylpromide.
Farmakologi
Mempunyai efek antispasmodic spesifik pada otot polos traktus gastrointestinalis, traktus biliaris dan traktus genitor – urinarius. Sebagai derivat amonium kuartener, hyoscine – N – butylbromide tidak menembus sistem saraf pusat. Oleh karena itu, tidak terjadi efek samping antikolirgenik pada sistem saraf pusat. Efek antikolirgenik perifer disebabkan oleh penghambatan ganglion di dinding visera dan efek anti muskariniknya.
Indikasi
Spasme traktus gastrointestinal, spasme dan diskinesia sistem bilier, spasme traktus genitor – urinarius.

Kontra – Indikasi
Pasien yang menderita miastenia gravis dan megakolon. Selain itu sebaiknya tidak diberikan kepada pasien yang diketahui sensitif terhadap Hyoscine – N – butylpromide.
- Retensi urin yang berhubungan dengan stenosis karena mekanik dari traktus urinarius (misalnya pada kasus adenoma prostat).
- Glaukoma sudut sempit.
- Takikrdia.

Efek Samping
Efek samping antikolirgenik termasuk : xerostomia, dishidrosis, takikardia, dan retensi urin dapat terjadi tetapi umumnya ringan dan sangat terbatas. Pada kasus yang jarang pernah dilaporkan terjadinya reaksi hipersensiif, khususnya reaksi pada kulit, dan pada kasus yang sangat jarang pernah dilaporkan terjadinya sesak nafas.
Dosis
Kecuali kalau ditentukan lain oleh dokter :
Pemberian oral tablet salut gula pada Dewasa dan anak – anak diatas 6 tahun : 1 – 2 tablet salut gula, 4 kali sehari. Tablet salut gula harus ditelan secara utuh dengan cairan yang cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tulislah pesan anda disini